Rabu, 14 Maret 2012

PROPIL MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAITURRAHIM

PROPIL MADRASAH
NAMA MADRASAH                        :     MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAITURRAHIM TELUK MELANO
ALAMAT                                             :     JALAN GLORIA RT.06/RW.II DESA MEDAN JAYA
                                                                     KECAMATAN SIMPANG HILIR KAB. KAYONG UTARA PROPINSI KALIMANTAN
                                                                     BARAT, KODE POS 78853
NO. HP                                                :     081345930924
TAHUN PENDIRIAN                        :     2000
NAMA PENDIRIANYA                    :     PANITIA PENDIRI MI SWASTA  TELUK MELANO
NAMA PIMPINAN SEKARANG   :     ABDUL AJIS, A.Ma.Pd       NIP. 19680305 199110 1 002
LEMBAGA PENDIRIAN YANG
DISELENGGARAKAN                      :     MADRASAH IBDAIYAH SWASTA BAITURRAHIM TELUK MELANO

LATAR BELAKANG BERDIRINYA MADRASAH
              Madrsah Ibtidaiyah Swasta “ BAITURRAHIM “ Teluk Melano Kecamatan Simpang Hilir kabupaten Kayong Utara berdirinya sebagai Lembaga Pendidikan Formal Tingkat dasar, berdiri pada tahun 2000, Madrasah ini dirikan oleh masyarakat Desa Teluk melano khususnya oleh Kelompok Yasinan “ IKHWANUL HIKAM “ yang beranggota sebagian besar adalah Para Guru ( guru SD dan Guru SMP.N 1 simpang Hilir) yang beroimisili di Desa Teluk Melano, Madrasah Ibtidaiyah ini diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Swasta “BAITURRAHIM “ Teluk Melano, atas saran dan prakarsa Kepala KUA dan Kacab. Dinas Pendidikan Kecamatan simpang Hilir yang berkerja sama dengan Muspika Simpang Hilir Waktu itu dibawah kepimpinan Camat Drs. GURDANI ACHMAD serta mel;ibatkan seluruh komponen masyarakat yang berkompotensi dalam perwujudan Pendidikan Keagamaan di Desa Teluk Melano, sebagai Ibu Kota Kec. Simpang Hilir. Serta beberapa praktisi pendidikan yang sangat antusias dan merepon atas kelahiran satu-satunya sekolah setingkat SD yang bercirikan keagamaan di Kec. Simpang Hilir, yaitu Madrsah Ibtidaiyah Swasta (MIS) “BAITURRAHIM” Teluk Melano. Akhirnya pada tahun itu juga atas pertimbangan Camat Simpang Hilir, serta seluruh jajaran kepengurusan madrasah sepakat menyerahkan: Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) “BAITURRAHIM” yang bentuk oleh Penjabat Camat Simpang Hilir pada tanggal 19 Desember 1999. Berdasarkan ususlan Panitia Pendiri dan Pengurus Yayasan Perguruan Islam Silaturrhim Teluk Melano Kepada Kepala Kantor Departemen Agama Kab. Ketapang untuk meninjau kelayakan operasional, maka hasilnya dikeluarkan Piagam Pendirian Madrasah untuk Madrasah Ibtidaiyah Swasta “BAITURRAHIM” Teluk Melano dengan Nomor : D/Wn/016/2000 yang keluar berdasarkan Surat Keputusan Ka. Kandepag Kabupaten Ketapang Nomor : KEP.805A/PP.03.2/2000 tanggal 16 Agustus 2000. Piagam tersebut langsung diserahkan oleh kepala Seksi Perguruan Agama Islam Departemen Agama Kabupaten Ketapang pada tahun itu juga, dan sementara ini piagam pendiri itulah yang dijadikan sebagi landasan Operasional dan sekaligus pengakuan atas pendirian Madrasah Ibtidaiyah Swsata “BAITURRAHIM” Teluk Melano  hingga sekarang.
Melihat perkembangan, Madrasah Ibtidaiyah Swasta “BAITURRAHIM “ cukup dapat bersaing dengan Sekolah Dasar (SD) yang ada di sekitarnya yang hanya berjarak tempuh masing-masing ±800 m ke SDN 03 Simpang Hilir dan ±900 m ke SDN 1 Simpang Hilr. Hal ini terbukti dengan perimbangan penerimaan siswa baru yang terjadi setiap tahunnya sejak tahun pertama beroperasinya Madrasah (Tahun Pelajaran 2000/2001) hingga sekarang. Walaupun demikan, satu kelemahan yang ada hingga saat ini Madrasah Ibtidaiyah Swasta “BAITURRAHIM” Teluk Melano  gedung tersebut didirikan awal tahun 1995, dan sehingga saat sekarang belum ada perbaikan sarana prasarana, sehingga pada saat sekarang kondisi gedung tersebut sangat-sangat dihawatirkan keamanan dan keberadaannya.
Visi,MISI DAN TUJUAN MADRASAH
A.      Visi Madrasah
Dalam pelaksanaan tugas, Madrasah Ibtidaioyah Swasta “BAITURRAHIM” memiliki Visi yaitu membentuk pribadi siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mampu berprestasi dalam ilmu pengetahuan umum dan agama, memiliki kecakapan hidup dan budaya.
B.      Misi Madrasah
1.      Meningkatkan kemampuan dan kenerja staf mengajar dan pegawai di MIS  Baiturrahim, dengan loyalitas dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pendidikan di Madrasah.
2.      Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektif dalam suasana yang harmonis sehingga kemampuan setiap didik dapat berkembanng secara optimal sesuai dengan  yang dimiliki.
3.      Meningkat kedipsinan seluruh warga Madrasah Ibtidaiyah Swasta “ Baiturrahim” sehingga tercipta sikap setiap individu untuk mencintai pekerjaan sesuai dengan bidang tugasnya dan menghargai waktu.
4.      Meningkatkan partisipasi aktif semua warga madrasah dalam mewujudkan program seklah sekolah sesuia dengan tugas masing-masing sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna.
C.      Tujuan Madrasah
1.      Terwujudnya kegiatan proses belajar mengajar yang efektif dalam suasana yang harmonis.
2.      Membentuk generasi yang cerdas, berakhalak mulia, sehat jasmani dan rohani terampil dan berdedikasi.
3.      Tercapai prestasi akademi siswa yang tinggi sesame warga sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar